Home » » Sparepart AC Jual Sparepart AC di SparepartAC.co.id & JualSparepartAC.com Part 2

Sparepart AC Jual Sparepart AC di SparepartAC.co.id & JualSparepartAC.com Part 2


Pada contoh AC split  dibagi menjadi 2 bagian Sparepart AC  yaitu pada indoor dan outdoor pada indoor sudah diterangkan di Sparepart AC jual Sparepart AC di SparepartAC.co.id & JualSparepartAC.com part 1 oleh karena itu pada pembahasan kali ini melanjutkan yang sebelumnya tentang Sparepart AC apa saja pada Outdoor AC split sebagai berikut Kapasitor ,Motor Fan Kondesor, Kompresor, Overload Protektor, Kontaktor berikut penjelasan fungsinya beserta gambar komponennnya





KOMPONEN OUTDOOR

KAPASITOR
Pada AC Split outdoor terdapat dua starting kapasitor, yaitu sebagai penggerak kompresor dan motor kipas (fan) kondensor, pada kompresor AC bertenaga 0.5 - 2 PK memiliki start kapasitor berukuran 15-50 nF. Pada motor kipas (fan) memiliki start kapasitor berukuran 1-4 nF.
       







     
MOTOR FAN KONDENSOR
Motor fan pada unit AC Split Outdoor berfungsi untuk menggerakan kipas kondensor (outdoor). Bentuk dan ukuran motor fan outdoor berbeda-beda tergantung besar kapasitas AC Split. Untuk membantu memaksimalkan putaran, dibutuhkan start kapasitor yang berfungsi menggerakan motor fan kondensor pertama kali sampai mencapai putaran penuh. Selanjutnya, fungsi start capasitor akan digantikan oleh arus listrik PLN untuk memutar motor fan tersebut.




MOTOR KOMPRESSOR
Motor Compressor pada AC Split berfungsi menggerakan mesin Compressor. Ketika Motor listrik bekerja, kompresor akan mengkompresi bahan pendingin dan mensirkulasikan menuju ke seluruh bagian sistem pendingin. Umumnya, motor kompresor dikemas menjadi satu unit dengan kompresornya. Serupa dengan motor fan, untuk start awal motor kompresor menggunakan bantuan starting kapasitor.

OVERLOAD PROTEKTOR
Berfungsi sebagai pengaman motor listrik kompresor (biasanya terdapat pada jenis kompresor hermetik). Kerja OMP dikendalikan oleh sensor panas yang terbuat dari campuran bahan logam dan bukan logam (bimetal). Batang bimetal inilah yang membuka dan menutup arus listrik secara otomatis ke motor listrik. Ketika bimetal dilewati arus listrik tinggi secara terus menerus atau kondisi kompresor yang terlalu panas, bimetal akan membuka sehingga arus listrik menuju kompresor akan putus. Begitu juga sebaliknya. Ketika suhu kompresor turun, bimetal akan menutup, arus listik akan mengalir menuju kompresor sehingga kompresor akan kembali bekerja

KONTAKTOR
Kontaktor pada AC Split berfungsi untuk menghubungkan Motor Compressor dengan sumber listrik (Saklar Elektrik). Kerja kontaktor dikendalikan oleh modul control elektronik pada bagian indoor.
Kapasitor pada AC Split outdoor difungsikan sebagai penggerak kompresor pertama kali atau starting kapasitor. Lama atau singkatnya waktu yang dibutuhkan tergantung dari jumlah muatan listrik yang tersimpan pada kapasitor.   

Beberapa Tips untuk merawat AC Split
perawatan AC split dibagi menjadi 2 bagian yaitu Outdoor dan indoor,untuk jadwal atau skala perawatan sebenarnya tergantung pada kondisi lingkungan sekitar AC itu berada misalnya pada outdoor terletak dilingkungan banyak debu hal ini memaksa pengguna untuk sering melakukan kebersihan pada outdoor.lalu perawatan yang pertama dilakukan adalah mematikan sumber listrik agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan lalu bersihkan debu yang menempel pada kisi kisi pendingin outdoor ,bisa menggunakan jet cleaner untuk mempermudah atau menual namun jangan sampai merusak kisi kisi kondensor,Untuk debu yang bandel tidak mau rontok bisa digunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya. Sikat kisi-kisi mengikuti alur dengan perlahan hingga kisi-kisi tidak bengkok. Pembersih air bertekanan tinggi juga bisa digunakan. Namun tekanan terlalu tinggi bisa menyebabkan kisi-kisi bengkok dan hal ini dapat menghalangi sirkulasi udara Outdoor AC. Atur mata pembersih air bertekanan tinggi hingga bentuk semprotan airnya melebar dan tekanan semprotan air tidak terlalu tinggi. Setelah bersih Tunggu hingga Outdoor AC kering. lalu hidupkan kembali AC.
untuk indoor untuk perawatan ringan
Waktu untuk  perawatan ringan Indoor AC adalah jika dirasakan semburan angin dari inddor ac lemah. Matikan AC lalu buka cover filter udara bagian depan dari indoor AC. Buka cover dengan cara menarik cover pada bagian kiri dan kanan,Ambil dua buah filter udaranya lalu bersihkan dengan menymprotkan air ke filter tersebut. Tunggu hingga kering, pasang lagi filter tersebut, lalu tutup covernya dan hidupkan kembali AC.

untuk lebih jelasnya lagi ,saya merekomendasikan sebuah perusahaan yang memang spesialis tentang AC sehingga penjelasnya lebih detail di websitenya yaitu Sparepart AC atau langsung ke tempatnya apabila disekitar perusahaannya di
PT. Mitra Lestari Bumi Abadi
Jual Jimmy Hantu Murah
Jual Obat Asam Urat Murah
Jakarta 14350
Telp : 021 6508533
Hp : 0857-1313-1301
CP : Bapak EdiEmail : jualsparepartac@yahoo.co.id
  
 
Support : Jual Rumah Gayungsari | Jual Eiger
Copyright © 2013. Mas Syukur - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger